Begitu sulit, ketika aku diminta untuk memilih: Ibu atau Ayah?
Dalam pikirku, “bagaimana mungkin aku memilih satu di antara dua, sedang aku dititipkan kepada mereka berdua?

Begitu sulit, ketika aku ditanya siapa paling besar jasanya: Ibu atau Ayah?
Dalam pikirku, “bagaimana bisa aku menentukan satu di antara dua, sedang keduanya rela melakukan apa saja demi anaknya?

Ada yang bilang: Ibu adalah segalanya,
Yang lain menyahut: Jasa Ibu paling besar…

Tapi bagiku, tanpa satu di antara dua takkan ada aku.
Tanpa satu di antara dua matilah aku.

Satu di antara dua?

Meski harus mati tersiksa,
takkan abaiku pada Ayah,
takkan lupaku pada Ibu.

Karena menjadi Ayah adalah berat,
pun Ibu tak pula mudah!

Maka biarkanku bungkam,
karena tak mungkin memilih satu di antara dua.

-Ade Surya Tawalapi-
Depok, 11 Desember 2013
selain rindu, aku pun mau…
Ah, sudahlah!

2 pemikiran pada “Satu di antara dua?

❣ Chit-Chat ❣

