Sebuah tanya melantun dari mulut seorang gadis yang kebingungan setelah menemukan artikel yang isinya berbeda dengan artikel yang sebelumnya pernah ia baca. Ia pun bingung hendak bertanya pada siapa. Kemudian Allah mengingatkan bahwa ia memiliki seorang Abang yang sekiranya paham akan hal tersebut. Maka bertanyalah ia…

Gadis: “Bang, Bang.., adek mau bertanya dong..”

Abang: “Apa?”

Gadis: “Kemarin-kemarin adek membaca sebuah artikel tentang perbedaan Masyaa Allah dan Subhanallaah. Masyaa Allaah biasa digunakan untuk melihat hal-hal yang indah dan baik.. Sedangkan Subhanallaah kebalikannya. Tetapi yang terjadi di masyarakat umum malah sebaliknya. Lalu, barusan adek menemukan lagi artikel tentang kalimat Subhanallaah. Artikel itu menyebutkan dalam Qur’an surah Al Isra’ ayat 1, tertulis kalimat Subhanallaah. Dan ayat itu menerangkan perjalanan Isra’ Mi’raj yang pada dasarnya adalah perjalanan yang “wah” dan untuk kebaikan. Pertanyaannya: mana yang benar?

Si Abang pun mencoba menjelaskan…

“Subhanallaah artinya Maha Suci Allah. Allah menggunakannya untuk kejadian yang dahsyat. Ya, seperti Isra’ Mi’raj. Sedangkan Masyaa Allaah artinya Allah Maha Berkehendak. Digunakan untuk segala kejadian. Baik yang buruk maupun baik…,

Nah untuk hal yang sangat buruk sebaiknya beristighfar. Memohon ampun kepada Allah. Dan apapun yang kita sebut sebetulnya tidak ada masalah. Intinya kita mengingat Allah dalam setiap kejadian. Dalam setiap langkah kita. Yang salah itu tidak menyebut apa-apa. Yang menunjukan kita tidak mengingat Allah sama sekali.

Dan si gadis pun manggut-manggut tanda mengerti dan berujar,

“Oh.. paham-paham…! Terimakasih Abangku..” =)

Si gadis pun merasa bersalah kepada teman-temannya yang sudah diceramahi-nya dengan ilmunya yang cuma secuil. Karena itulah, ia pun menulis postingan ini dimana-mana untuk sekiranya dibaca banyak orang. Semoga teman-temannya dan dirinya sendiri dibukakan pintu hati dan pikirannya serta dimudahkan dalam memahami sebagian ilmu pengetahuan dari Sang Maha Mengetahui. Aamiin (lagi hujan, looh =D )

Bagaimana dengamu, apa kamu mengerti? Semoga =D

percakapan via chat seorang adik perempuan dengan abangnya yang kedua ini juga dipost di sini

Iklan

❣ Chit-Chat ❣

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s