Judul: River’s Note
Penulis: Fauzan Mukrim
Penerbit: NouraBooks
Cetakan: Pertama, April 2012
Tebal Buku: 268 hlm. 12x20cm
ISBN: 978-602-9498-13-4
Bintang: 4/5

Kali pertama membaca buku ini, saya merasa sedang membaca buku harian orang. Rupanya ada banyak jenis buku seperti ini di lemari buku saya. Mungkin takdirnya memangbegitu, karena saya pun lebih suka menuliskan tulisan “pribadi” ketimbang tulisan yang serius atau kaya imajinasi.

Kali kedua membacanya, masih sama, saya masih merasa sedang membaca buku harian orang. Tapi kali ini ada pikiran-pikiran lain yang ikut serta. Mempengaruhi mood saya, juga sikap saya untuk menghadapi masa depan.

“River’s Note”, sebuah kumpulan catatan seorang ayah yang ia tujukan untuk anaknya, yang ia tulis sejak ia masih berstatus calon ayah hingga anak pertamanya lahir dan ia beri nama River. Nama River dipilih sebelum ia tahu anak yang dikandung kekasih hatinya (istri tercintanya) itu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. Sebuah nama yang ‘androgini’, katanya. Kalau menurut KBBI edisi 3 yang saya lihat di situs artikata(dot)com, androgini itu berarti kepemilikan organ kedua perkembangbiakan jantan dan betina. Mungkin dalam kasus ini, nama River bisa dipakai untuk laki-laki atau pun perempuan, seperti halnya nama Ade. :p

Cerita yang tertuang dalam buku ini adalah pelajaran! Pelajaran untuk menghadapi berbagai masalah dengan kebijaksanaan. Pelajaran untuk menjadi lebih baik dari orang-orang terdahulu tanpa merasa lebih pintar dan lebih baik dari mereka. Sebuah pelajaran, nasihat dan pengingat untuk para pembacanya.

Selama membaca buku ini, satu hal yang saya pikirkan adalah semoga kelak saya pun menemukan ayah yang lebih baik untuk anak-anak saya. Serta kami (saya dan suami saya kelak, ntah siapa pun itu) bisa menjadi orang tua yang menjaga amanah dengan baik, memanfaatkan setiap kesempatan untuk membentuk anak-anak manusia dengan karakter yang tentunya baik menurut ajaran dan kepercayaan kami. Ya, buku ini membuat pembacanya pun berkhayal lalu merencanakan yang terbaik untuk masa depannya. Sebuah buku yang inspiratif!

🙂 🙂

-Ade Surya Tawalapi-
Depok, 13 Januari 2014

Iklan

4 pemikiran pada “[[BOOK REVIEW]] Catatan Seorang (Calon) Ayah…

❣ Chit-Chat ❣

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s