Judul: Anne of Ingleside
Penulis: L.M. Montgomery
Penerjemah: Maria M. Lubi
Penerbit: Qanita
Cetakan: Pertama, Juni 2010
Tebal Buku: 500 hlm.
ISBN: 978-602-8579-22-3
Bintang: 5/5

Masih sama. Meskipun sudah bertahun berlalu sejak saya memutuskan untuk mengkoleksi serial Anne ini, setiap kali saya mulai membaca sambungan ceritanya, tetap saya terpesona. Dunia yang penuh cinta namun tetap terselip kisah-kisah unik serta permasalahan yang tak kan pernah luput dari perjalanan hidup manusia tergambar dengan sangat apik! Gaya penulisan yang sangat khas dari L.M Montgomery.

Anne of Ingleside adalah buku keenam dari serial Anne of Green Gables. Buku ini menceritakan kehidupan Anne Shirley yang telah menjadi pendamping hidup Gilbert Blythe bersama buah hati mereka yang selalu mewarnai hari-hari mereka. Enam orang anak! Rasanya cukup memberikan sensasi tersendiri bagi Anne setiap kali melihat mereka bermain, berlari dan berimajinasi serta mendengar mereka bercerita tentang pengalaman maupun pikiran mereka tentang suatu hal.

Anne berhasil menjadi seorang ibu yang tidak mengecewakan anak-anaknya, seorang istri yang pantas dibanggakan oleh suaminya, serta seorang majikan yang patut dihormati pelayannya. Seorang perempuan yang begitu berwibawa, anggun dan mempesona. Kharisma Anne yang berimajinasi tinggi tidak lenyap dimakan waktu, dan tidak pudar meski ia sudah menjadi ibu dan beranjak tua.

Pun kelebihan-kelebihan yang dimiliki Anne rupanya tidak hanya mendekam dalam raga seorang gadis mungil nan malang, Anne Shirley. Namun terus berkembang dalam jiwanya dan terwariskan kepada anak-anaknya.

Sungguh kehidupan yang begitu menyenangkan ketika kita tidak harus sendirian menikmati fajar pertama atau kilau jingga senja, tapi juga bisa berbagi bersama orang-orang tercinta.

Anne of Ingleside. Serial abadi yang menjadi bacaan wajib berbagai sekolah di seluruh penjuru dunia ini memang layak dibaca. Mengajarkan kita untuk bisa menjalani, menerima dan mencintai hidup dengan bijaksana. Selalu ada dua sisi di setiap hal. Namun jika kita mampu melihat dan membedakannya dengan bijaksana, maka kita bisa mendapatkan keuntungan dari kedua sisi yang bertolak belakang tersebut. “Semua tergantung mata sang pengamat… atau nuraninya.” =)

-Ade Surya Tawalapi-
Depok, 22 Januari 2014

Iklan

Satu pemikiran pada “[[BOOK REVIEW]] Keluarga Besar Anne Blythe

❣ Chit-Chat ❣

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s