“Di zaman sekarang ini, kalau seseorang bersikap suka mengganggu, dia biasanya diperhatikan dan ditangani sepatutnya. Di sisi lain, kalau seseorang bunuh diri diam-diam, asalkan dia tidak mengganggu orang lain saat melakukannya, tidak ada orang yang memerhatikan. Atau peduli.” tulis Torey. “Si Pembuat Onar pun juga pasti ditangani dengan cara yang tidak langsung tepat. Biasanya begitu,” celetukku setelah membacanya.

Mereka sama-sama membutuhkan perhatian, kasih sayang, teman berbagi, dan pelindung. Sayangnya, mengapa setelah mendapat cap dan mimpi buruk yang sangat panjang, barulah Si Pembuat Onar “dilambungkan” dengan kasih sayang yang hanya bertahan beberapa saat saja? Kupikir ini hanya akan menambah lukanya. Sedangkan Si Kutu Buku, setelah disanjung-sanjung karena prestasinya sebagai anak baik, sekarang “ditinggal” karena terkesan membosankan dan kaku, dan sekarang “dibuang” ke kelas itu karena kehamilannya.

Apa maunya mereka ini? Apa maunya dunia ini?

“Di sini berat sekali. Hidup ini terlalu berat.”

Terngiang juga akhirnya kata-kata bocah emosional berusia 10 tahun, Tomaso. Ya, memang benar. Hidup itu berat. Dan hidup mereka adalah hidup yang sangat berat. Kupikir aku takkan bisa hidup lagi kalau aku adalah Claudia, Kar. Dan aku tidak akan bisa sebijak Tomaso yang sudah mengalami siksaan batin dan fisik sepanjang umurnya.

Apa kau bisa, Kara?

-Ade Surya Tawalapi-
Depok, 20 Maret 2014

Iklan

2 pemikiran pada “Tomaso dan Claudia

    1. salah satu penulis buku favorit saya.
      seorang pengajar, pendidik, psikolog yang menjiwai profesinya, bahkan menjadikan profesi itu bagian dari hidup, bukan sekedar alasan agar tetap hidup. (y) (y) (y) (y) =D

      Suka

❣ Chit-Chat ❣

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s