Cerita apa lagi yang kau bawa? Dalam sekeranjang penuh senyum bahagia yang kau jinjing dengan ringan. Ku rasa, pasti ada hubungannya dengan hari ini yang berduram durja. Atau bulan yang mengajak sesiapa bercengkrama. Ya, kan?

Aku bisa melihatnya. Semua terekam jelas di matamu–aku selalu menyukai ini. Tanpa perlu bersuara, kita sudah bisa mendengar. Tanpa perlu merangkai kata, kita sudah bisa membaca. Mata itu, seolah memutar ulang semua rekaman harimu, yang selalu menghiburku, melenyapkan segala resah dan lelahku.

Ya, kita sama-sama tahu. Kita sudah menghitungnya sejak bertahun yang lalu. Kita bahkan sekarang sudah menghapalnya di luar kepala. Malam-malam seperti ini sudah menjadi rutinitas kita. Tanpa perlu aku mengingatkanmu, atau pun kau datang memanggilku. Kita sudah tahu. Sehabis makan malam, setelah menidurkan pahlawan-pahlawan kecil kita, taman belakang adalah tujuan terakhir kita. Membersamai rumput dan bulir-bulir embun, pohon dan sentuhan lembut angin malam, dan langit bersama bintangnya. Purnama dengan cahayanya.

Yaah… Malam-malam seperti inilah teman kita kala terjaga. Dan kita selalu hanyut dalam dunia kita–Meski dalam diam, meski dalam pusat pandang yang sama tanpa saling tatap, kita tetap dalam dunia kita. Dunia imajiku yang menyertaimu, imajimu yang mengiringiku. Kita tenggelam dalam pesona pelangi di tengah taburan bintang. Pesona tujuh warna di sekeliling purnama. Di malam purnama yang kesekian…

Cerita apa yang akan kita rangkai untuk esok pagi? Dalam keheningan dan genggaman jari-jemari yang terpaut. Ku rasa, pasti ada hubungannya dengan purnama malam ini. Tentang purnama malam ini.

-Ade Surya Tawalapi-
Depok, 16 Mei 2014 | 16 Rajab 1435

Iklan

10 pemikiran pada “Purnama Kesekian

❣ Chit-Chat ❣

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s