Aku menenggelamkan diri ke dalam tumpukan buku-buku yang membicarakan waktu, kesempatan kedua, petualangan-petualangan, cerita masa kecil dan berisi kata-kata bijak seperti, “semua akan baik-baik saja.”
Aku seperti melarikan diri, dengan sengaja, dari keramaian manusia yang mengeluarkan suara-suara yang mendengung di kepalaku. Aku memilih duduk di tempat yang tersisih dan kembali menyelami kata-kata yang diciptakan dewa-dewi kata. Aku mengambil jarak. Merentangkan jarak.
Aku akhirnya menikmati saat-saat sendir itu. Meski aku berada di tengah-tengah manusia yang tak mau diam. Aku menikmati pikiranku yang terbang bersama imajinasi para dewa-dewi, merangkai ceritaku sendiri, dan tersenyum penuh arti. Aku bahkan semakin tertarik untuk membuat orang-orang di sekelilingku bingung dengan tingkahku. Aku senang melihat mereka enggan mendekatiku yang mendingin seiring habisnya lembar demi lembar buku yang kusantap. Ini kebahagiaanku saat ini. Membuat sebuah tameng yang memisahkanku dengan dunia asing yang membuatku sesak setiap kali memutuskan diri untuk bergabung bersama mereka. Merentangkan jarak dengan dunia yang semakin hari semakin menyeramkan tapi berhasil mengundang gelak tawaku.

Aku menikmati waktu-waktu sendiriku. Aku menikmati alunan lagu yang bernyanyi bersama tarian mataku di atas buku-buku itu. Aku menikmati senyumku untuk diriku dan gelak tawaku untuk menertawakan dunia.

Sampai akhirnya kau datang, seperti biasa, seolah tak ada penghalang, pembatas, jarak, atau apalah namanya. Kau hanya datang. Dan datang.

Kenikmatan atas kesendirian itu pun berubah menjadi bahagia dalam kesepian. Matamu yang memberitahuku bahwa sendiriku adalah sepi.

-Ade Surya Tawalapi-
Depok, 3 September 2014
*hola semester ganjil! 😀

Iklan

2 pemikiran pada “gradakan

❣ Chit-Chat ❣

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s