Ada bagian yang terlewatkan. Bagian yang teramat penting dari kisah hidupmu. Aku yang terlambat untuk mencari tahu, atau memang belum saatnya aku tahu?

Kalau begitu, Anne, ceritakan langsung padaku saja. Jangan memintaku membaca ratusan halaman bagian yang ini. Aku takkan sanggup. Aku takkan bisa paham sebagaimana harusnya aku memahaminya. Aku takkan mengerti apa yang tertulis dan hanyut dalam sakit hati.
Berpikir aku tidak menemukan jawabnnya, padahal ada. Hanya 
rasa-ku menolak untuk mencerna, dan pikirku berubah liar menjadi dewa neraka.

Jadi, Anne….
Apa yang akan kau lakukan ketika keadaan mendendangkan lagu ini lagi. Lagu yang hanya dihapal malam. Yang dirasa sunyi. Yang dikhatamkan sepi. Apa yang akan kau lakukan ketika Semesta berpangku tangan dan tersenyum jahat. Hawa iblis merajalela. Setan berkeliaran dimana-mana.

Aku…? Kau tanya aku?
Ah.. Haha.. Kau bercanda! Apa ada yang ku bisa selain bertanya? Bukankah Charity bilang, “Bagaimana kau bisa tahu kalau kau tidak bertanya?” See??

Oh, Okay… apa aku salah memahaminya?? Ku rasa…
Ya. Mungkin ada beberapa hal yang tak perlu pertanyaan untuk menemukan jawaban. Tindakan? Apakah menunggu jawaban itu datang sendiri bisa disebut tindakan? 

Anne….
Begitu rumit cerita-cerita yang diciptakan Semesta. Begitu menyayat cerita-cerita yang tinggalkan Masa. Membuatku sulit memahami, bagaimana bisa ada orang sepertimu yang mampu bertahan? Bagaimana mungkin ada gadis seperti dirinya yang kukuh dan keras kepala? Bukan! Bukan aku mau bertanya, “apakah aku bisa?” Aku hanya berpikir, bagaimana mungkin aku harus bertemu denganmu dan…

Dia…

Anne,
Ini jelas hanya pertarunganku sendiri. Aku bertempur sendiri. Aku merasa perlu berjuang. Dan memperjuangkan.

Ntah dia sadar ada yang siap melempar molotov padanya. Ntah dia tahu ada yang siap menghunuskan pedang ke jantungnya. Ntah dia melihat ada yang siap mencakar wajahnya, menjambak rambutnya, menampar pipinya, dan…….argh!

Aku tak pernah berpikir, Anne.. Tak pernah terpikirkan olehku bahwa Christine Stuart benar-benar nyata dan hidup! Dan dia ada di sini sekarang.

Apa hanya aku merasa?

tanpa “-kan“?

 

Depok, 21 November 2014 02.03 WIB
-Ade Surya Tawalapi-

❣ Chit-Chat ❣

