Aku memang menyimpan sedikit harapan waktu itu. Sejak pertama kali aku berhadapan dengan orang yang ‘menarik’ di dunia maya—kalau aku tidak salah ingat, sekitar tahun 2006—, aku selalu mendapati mereka berubah drastis saat menampakkan diri ke dunia nyata. Aku merasa ditipu. Bagaimana bisa mereka bersikap begitu manis dan menyenangkan di dunia yang terbatas monitor, dan menjadi tak bersahabat saat dinding itu disingkirkan untuk sementara waktu. Lalu setelah itu, mereka menghilang, baik di dunia tak berbatas jarak, ruang, dan waktu itu, maupun yang berbatas. Hilang seolah-olah aku dan mereka tak pernah ‘bertemu’ dan ‘dekat’ sedekat jari-jemari dengan keyboard laptop.

Itu sebabnya aku menyimpan hanya sedikit harapan waktu itu. Bercampur pasrah kukira. Aku tak kan heran, seandainya dia akan berubah sama drastisnya dengan orang-orang terdahulu. Aku tak kan marah, seandainya dia akan menghilang sama cepatnya dengan orang-orang terdahulu. Aku tak kan lagi sedih dan terluka. Tapi pasti aku akan sangat bahagia jika yang terjadi justru sebaliknya.

Karena itu, meskipun sedikit, aku tetap menyimpan harap waktu itu. Berharap kali itu adalah sesuatu yang jauh berbeda. Istimewa! Aku berharap, meskipun sedikit, dia berbeda dari yang lain. Aku berpikir, dia bisa jadi yang teristimewa seandainya dia memang berbeda. Dan dia memang istimewa. Karena dia berbeda. Jadi, meskipun sedikit, aku berharap juga kalau dia takkan melepaskanku, dan hilang begitu saja.

Dan memang, waktu itu aku menyimpan hanya sedikit harapan. Sedikit.

Ade Surya Tawalapi,
Depok, 28 Mei 2015

Satu pemikiran pada “Harapan dari Dunia di Balik Monitor

❣ Chit-Chat ❣

