Diary Ponik #3: Yang Melebihi Harga Cabai

I better spent hours and more energy and then terkapar di kasur, than spent 150k, only for that Latuik-latuik thing!” jerit si Anak Magang di tengah kebun depan teras rumah. Untung jeritnya cuma dalam hati, coba kalo sampe pake suara dia yang kaya toa itu, udah diangkut ke USU pasti.. USU… Universitas Samping UNRI, alias RSJ… becandaannya anak Pekanbaru, nih 🤣


Yaps.. si Anak Magang lagi riweuh sendiri karena dimana-mana sedang heboh perkara harga “buah masa kecil” yang melambung tinggi melebihi harga cabai, seperti yang Ponik sebut di halaman sebelumnya. Buahan yang dimaksud adalah Latuik-latuik… Kamu tahu apa itu?

Latuik-latuik adalah sebutan dalam Bahasa Minang untuk buah yang dikenal dengan nama ilmiah Physalis angulata. Buah ini, kalau dalam bahasa Indonesia disebut ciplukan. Sebutan lainnya, berdasarkan informasi yang disebarluaskan oleh Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) Fakultas Farmasi UGM dalam situsnya, http://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=193, cukup banyak. Di antaranya, Morel berry (Inggris),  Ceplukan (Jawa), Cecendet (Sunda), Yor-yoran (Madura), Lapinonat (Seram), Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan (Bali), Dedes (Sasak), dan Leletokan (Minahasa). Berdasarkan pengalaman Ponik, banyak juga yang menyebutnya cecenet, atau cimplukan. Perubahan penyebutan ini hal biasa. Ponik ga perlu jelasin, ‘kan? Entar malah jadi karya ilmiah 😆😂

Nah, buah ini sedang naik daun karena khasiatnya. Dari akar, daun, dan buah, bisa menjadi obat. Di situs yang Ponik sebut di atas, disebutkan kalau akarnya bisa menjadi obat  cacing dan demam. Sementara daunnya bisa menyembuhkan patah tulang! Woaaw! Ponik aja baru tau wkwkw. Selain itu, daunnya juga bisa mengobati bisul, borok, keseleo, nyeri perut, jantung dan kencing nanah. Nah, kalau buahnya yang kecil-kecil manis kecut seperti rasa tomat itu, bisa mengobati epilepsi dan penyakit kuning. Kabar-kabar dari sumber lain, terutama dari komen-komen di instagramnya Ponik, katanya bisa jadi antidiabetes juga. Dalam banyak penelitian, disebutkan bahwa “aktivitas” ciplukan adalah sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinflamasi, antioksidan, dan sitotoksik.

Liat? Khasiat itulah yang dijual kebanyakan orang jaman sekarang. Apa aja kalau udah ketahuan khasiatnya, pasti bakal jadi muahal banget kan? Termasuk lah si Ciplukan yang aslinya adalah tanaman liar yang mudah tumbuh dimana saja. Benihnya disebarkan oleh angin dan hewan pemakan buah lainnya. Ah iya, ada satu syarat tumbuhnya ciplukan dengan sendirinya: ada tanah! 😂

“Tapi itu harganya ga tanggung-tanggung yaa!! Keterlaluan banget! Cabe aja ga segitunya cobaaa!”

Ssst.. biarin aja si Anak Magang heboh dengan harga seratus lima puluh ribu rupiah untuk sekilo ciplukan. Kita fokus ke diri sendiri aja. Kalau bisa bagi-bagi gratis buah ciplukan yang kitanya juga dapat gratis dari ibu-ibu baik, kenapa harus pusing mikirin yang lain kan?

“Ku hanya kesal!”

“Sst! Udah diem! Minum jus ciplukannya!”***

Latuik-latuik yang sudah ditelanjangi si Anak Magang. Yang di luar piring itu adalah mahkota buah. Dalam piring itu buahnya. “Rasanya lebih enak bulat-bulat daripada dijus!” kata si Anak Magang
sepiring kecil untuk setengah gelas jus ciplukan. ga papa. bisa tiap hari karena ada pohonnya di kebun. daripada 150 untuk beberapa hari doang. pfft.
Iklan

12 Comments

          1. di kota sekarang kan udah langka banget karena udah jarang ada tanah kosong. di Pekanbaru aja, udah jarang org yang tau ciplukan ini. Yang tau itu pasti orang2 tua, dan yang pernah tinggal di dekat sawah atau dekat hutan wkwkw xD Pengalaman sendiri ini, nanya2in tetangga. 🤣😂

            Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s