Mungkin begini:ketika membaca, seseorang sedang beusaha menemui kata, mencumbunya, lalu menguasainya. Sementara saat diam, seseorang yang sudah memiliki kata-kata, mulai mencoba untuk menemukan kata baru dan lalu menemuinya, dan --seperti sebelumnya-- mencumbu dan menguasainya. Tapi, pada dasarnya, kata-kata itu sendiri tidak pernah benar-benar bisa dimiliki... Ia seperti memainkan perannya sebagai peristiwa dan pemantra, yang terbunyi…

Iklan

Ketika diam justru menumbuhkan banyak kata dan bahasa,menimbulkan banyak makna dan prasangka, diam tak lagi sekedar diam dalam tataran idea. Diam menjadi pintu untuk masuk ke dunia privat yang menolak berkompromi dengan hal-hal yang sementara. Karena diam menyuguhkan keabadian. Diam adalah gerak yang tak pernah diam. Diam menjadi titik akhir yang mengawali, atau titik awal yang…

3 Kali Masih Teguran Kan Ya?

Mungkin ini terkait pada "diri" yang emang--yaaah... lagi dan lagi--sok hebat dan sok paling keren dan sok bisa semuamuanya sendiri. Padahal kan aslinya, ada banyak hal yang mendorong di belakang. Yang hal-hal itu semuanya udah ada yang ngatur. Dan sepatutnya, ketika kita berhasil melakukan lalalallalanya, ya nggak cuma bilang, "Weh! Gue bisa!", tapi musti diikuti......."Alhamdulillaaah..…

Jatuh Cinta….

1. Senantiasa menghujamkan pandangan mata kepada orang yang dicintainya 2. Malu-malu jika orang yang dicintainya memandangnya 3. Senantiasa menyebut nama orang yang dicintainya 4. Selalu taat terhadap perintah sang kekasih 5. Memperhatikan perkataan orang yang dicintai dan mendengarkannya dengan sungguh-sungguh 6. Mencintai tempat tinggal orang yang dicintai 7. Segera menghampiri orang yang dicintainya 8. Jalan…

Bermain di Academia

Mainan baru? Lebih tepatnya motivasi baru (meski masih setengah-setengah). Seorang teman memperkenalkan saya pada sebuah situs. Dia menyebutnya sebagai facebook-nya para saintis. Saya setuju-setuju saja, sih, karena memang yang diupload bukan foto-foto alay, selfie, atau catatan-catatan galau. Apalagi status-status nyampah yang kadang bikin geram kalau ngebacanya. Hahaa. Situs itu adalah............. Academia.edu. Ada yang tahu? Saya menyebutnya situs jurnal lepas.…

[[BOOK REVIEW]] – Sebagian Anak-anak Istimewa

Judul: Mereka Bukan Anakku: Jalinan Kasih yang Tersisih Penulis: Torey L. Hayden Penerbit: Qanita Cetakan: I, Agustus 2004 Tebal Buku: 548 hlm. Bintang: 5/5 "Jadi, beritahu aku rahasia agar tetap sabar dan bertahan dalam tekanan dari segala sisi: sistem yang tak kunjung tepat, orang-orang yang tak mengerti, anak-anak yang tak juga keluar dari dunianya sendiri.…

Cermin Retak

melarang mereka tobat. mengungkit salah di masa lalu. melarang mereka tobat. mengungkit buruknya mereka dulu. lupa, kalau diri sendiri pun butuh tobat! kalau diri sendiri juga pernah salah dulu. lupa, kalau diri sendiri harusnya juga tobat! kalau diri sendiri bisa jadi lebih buruk dari itu. -Ade Surya Tawalapi- Pondok Petir, 15 Februari 2014 *ketika cermin…

[[Interpretasi Puisi]] Joseph Brodsky – G.P (Soneta)

Masih ingat Joseph Brodsky? Masih ingat dengan puisinya yang membuat saya pusing tujuh keliling itu? Masih ingat dengan G.P-nya? Sudah tau dia siapa atau apa?? Well.. sekarang saya akan melunasi hutang di tulisan sebelumnya tentang Joseph Brodsky itu, siapa (atau apa) itu G.P, dan interpretasi saya tentang puisi itu sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki =D *** Teks…

[[BOOK REVIEW]] Djenar… Djenar..

Judul: Cerita Pendek Tentang Cerita Cinta Pendek Penulis: Djenar Maesa Ayu Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Cetakan: ketiga, November 2012 Tebal Buku: 128 hlm. Bintang: 1/5 Menarik!  Membaca buku dari pengarang asing --yaps! ASING! Karena saya baru mengenal Djenar Maesa Ayu di tahun dua ribu empat belas ini melalui buku ini!-- ini membuat saya mencampakkan buku…

[[BOOK REVIEW]] Keluarga Besar Anne Blythe

Judul: Anne of Ingleside Penulis: L.M. Montgomery Penerjemah: Maria M. Lubi Penerbit: Qanita Cetakan: Pertama, Juni 2010 Tebal Buku: 500 hlm. ISBN: 978-602-8579-22-3 Bintang: 5/5 Masih sama. Meskipun sudah bertahun berlalu sejak saya memutuskan untuk mengkoleksi serial Anne ini, setiap kali saya mulai membaca sambungan ceritanya, tetap saya terpesona. Dunia yang penuh cinta namun tetap terselip…

[[BOOK REVIEW]] Catatan Seorang (Calon) Ayah…

Judul: River's Note Penulis: Fauzan Mukrim Penerbit: NouraBooks Cetakan: Pertama, April 2012 Tebal Buku: 268 hlm. 12x20cm ISBN: 978-602-9498-13-4 Bintang: 4/5 Kali pertama membaca buku ini, saya merasa sedang membaca buku harian orang. Rupanya ada banyak jenis buku seperti ini di lemari buku saya. Mungkin takdirnya memangbegitu, karena saya pun lebih suka menuliskan tulisan "pribadi"…

[tentang] Subhanallaah dan Masyaa Allaah

Sebuah tanya melantun dari mulut seorang gadis yang kebingungan setelah menemukan artikel yang isinya berbeda dengan artikel yang sebelumnya pernah ia baca. Ia pun bingung hendak bertanya pada siapa. Kemudian Allah mengingatkan bahwa ia memiliki seorang Abang yang sekiranya paham akan hal tersebut. Maka bertanyalah ia… Gadis: “Bang, Bang.., adek mau bertanya dong..” Abang: “Apa?”…

[[BOOK REVIEW]] Blora Midnight Crossing – Sketsa Rekaman

Judul: Blora Midnight Crossing Penulis: Otty Widasari (Self Publishing) Cetakan: Pertama, 2010 Tebal Buku: 144 hlm Bintang: 4/5 Sebuah buku unik terselip di tumpukan buku yang meminta saya untuk segera “menghabisi” mereka. Buku bercover putih polos, hanya bertuliskan judul buku di bagian atas dan nama pengarang di bagian bawah ini, konon merupakan buah hasil kreatifitas…