Awalnya hanya ada satu proyek di blog ini. Proyek pribadi yang pada dasarnya setiap orang bisa membuat sendiri, asal mau. Saya menyebut satu-satunya proyek itu “One Year Project“; proyek satu tahun yang menuntut kedisiplinan “menulis” sepanjang tahun setiap hari. Mungkin berbeda dengan yang kamu pikirkan, proyek saya itu bukanlah proyek yang menghasilkan tulisan-tulisan panjang. Hanya sebatas racauan seorang anak soal hal-hal yang ia rasakan, pikirkan, atau terasakan dan terpikirkan dalam satu hari. Kalau di Twitter Land, mungkin disebut #fiksimini, atau #kicauan, atau #racauan atau apalah.. Ya, karena, tulisannya tidak lebih dari satu paragraf.

Lalu, saya mulai berpikir untuk membuat proyek-proyek menulis lain. Iya, “membuat”, bukan “mengikuti”, karena awalnya emang proyek untuk diri sendiri demi menuh-menuhin blog. Tetapi, seiring berjalannya waktu, ide yang tak kunjung direalisasikan padahal udah kepikiran sejak September 2016 ini, akhirnya berhasil dikembangkan dan melibatkan lebih dari satu orang. Proyek kedua di blog ini pun, meluncur dengan judul “Proyek Kakak Adik”. Proyek ini mungkin akan bermacam-macam, tergantung ide yang muncul di masa depan nanti.

Untuk Proyek Kakak Adik yang pertama, saya dan Kakak menyuguhkan “Proyek Seminggu Segambar” yang masuk ke dalam kategori “Triwulan Project“, karena diselenggarakan dalam waktu tiga bulan.

Ada niat untuk bikin proyek lain, tentu. Dan mengembangkan Proyek Kakak Adik ini. Tapi, itu nanti. Entah kapan akan terealisasikan. Yang jelas, tuntaskan proyek-proyek yang ada dulu. Kalau kata seorang teman, “Jangan maruk! Semangatnya dipupuk dulu. Biar semangatnya tahan lama, berkembang dan berbuah yang baik.” Setuju? Hehee..

Selamat membaca hasil proyek menulis saya (dan kami). (y)

-ast-
Pku, 2017

❣ Chit-Chat ❣

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s